Pelatih Fiorentina Berang, Hadiah Penalti Dibatalkan VAR

Pelatih Fiorentina Berang, Hadiah Penalti Dibatalkan VAR

Agen bola online _ FIRENZE – Pelatih Fiorentina Stefano Pioli tak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah timnya dikalahkan Juventus 0-2 pada giornata ke-24 Serie A 2017/2018. Pioli berang hadiah penalti yang diberikan wasit harus menguap setelah melibatkan video assistant referee (VAR).

Tendangan bebas Federico Bernardeschi pada menit ke-56 membungkam fans Fiorentina di Artemio Franchi, Jumat (9/2/2018) waktu setempat atau Sabtu (10/2/2017) dini hari WIB. Gonzalo Higuain membuat hasil akhir 2-0 di menit ke-86, namun VAR melakukan intervensi untuk mengubah penalti Fiorentina menjadi tendangan bebas Juventus sebelum jeda.
Baca juga : Misi Ganda Salah Bersama Liverpool
Fiorentina mendapat penalti babak pertama karena handball Giorgio Chiellini dan Jordan Veretout menunggu hampir tiga menit untuk melakukan tendangan penalti sebelum wasit Marco Guida akan meninjau insiden tersebut dengan menggunakan sistem VAR.

Di tengah protes dan kemarahan pemain Fiorentina, wasit kemudian memberikan tendangan bebas ke Juventus karena pemain Fiorentina dinilai offside ketika terjadi handball Chiellini di kotak terlarang, meski replay menunjukkan bahwa bola tersebut dimainkan tengah bek Juventus Alex Sandro.

Pelatih Stefano Pioli pun berang atas keputsan wasit tersebut. “Butuh waktu seumur hidup untuk memutuskan,” kata Pioli. “Saya tidak menerima keputusan wasit, sebab Alex Sandro dua kali menyentuh bola (saat Chiellini handball), dan itu bukan sebuah ketidaksengajaan, itu bukan offside.”

Pioli juga mengeluhkan bahwa wasit tidak bekerja atas keputusan dirinya, namun mengandalkan informasi yang disampaikan kepadanya oleh VAR.

Serie A merupakan satu dari sejumlah kompetisi di seluruh dunia yang menguji VAR dan penggunaannya telah terbukti sangat diperdebatkan.

Kritikus mengatakan terlalu lama untuk membuat keputusan dan bahwa wasit masih melakukan kesalahan bahkan setelah meninjau insiden di layar VAR di sisi  lapangan.
Pelatih Fiorentina Berang, Hadiah Penalti Dibatalkan VAR
Namun lepas dari itu, tiga angka yang dihasilkan Juventus, membuat pasukan Massimiliano Allegri untuk sementara mengambil alih puncak klasemen Serie A dari Napoli. Juventus mengemas 62 poin, ungul dua angka dari Napoli yang bisa kembali ke puncak jika mengalahkan Lazio di San Polo, Minggu (11/2/2018) dini hari WIB.

Susunan pemain:
Fiorentina: Sportiello; Milenkovic, Pezzella, Astori, Biraghi; Benassi (Eysseric 79), Badelj, Veretout; Gil Dias (Thereau 67), Simeone, Chiesa

Juventus: Buffon; Lichtsteiner (Barzagli 61), Benatia, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Pjanic, Marchisio (Costa 66); Bernardeschi (Bentancur 78), Higuain, Mandzukic