Fakta Menarik Paulo Fonseca Si Pelatih Baru AS Roma

Fakta Menarik Paulo Fonseca Si Pelatih Baru AS Roma

ROMA – Raksasa Serie A, AS Roma, ini hari memverifikasi Paulo Fonseca jadi pelatih baru. Beberapa bukti menarik dibaca dari figur pelatih dari Portugal kelahiran Mozambik itu.

Sisa pelatih Shakhtar Donetsk itu dikontrak Giallorossi untuk waktu dua musim. Sebelum pensiun jadi pemain pada 2005, Fonseca ialah bek tengah jagoan Portugal yang membuat lebih dari 100 tampilan bersama dengan timnas.

Dia menukar tempat Claudio Ranieri yang dipilih jadi pelatih interim di Roma pada musim kemarin.
No Fakta Menarik
1.
Paulo Alexander Rodrigues Fonseca lahir pada 5 Maret 1973 di Nampula, Mozambique. Negara koloni Portugal serta memperoleh kemerdekaan dua tahun selanjutnya, 1975.
2.
Fonseca masih di Afrika sampai berumur 14 tahun, sebelum keluarganya keluar ke Barreiro – satu kota kecil yang berpenduduk 80.000 jiwa di Setubal, tidak jauh dari Lisbon.
3.
Karier sepak bola Fonseca diawali di Barreiro. Berposisi jadi bek tengah, dia gabung Barreirense tahun 1991 – dimana dia mencatat 91 tampilan untuk team sepanjang empat musim. Perform hebatnya, membuat diambil Porto, tetapi dia benar-benar belum pernah mendapatkan menit main. Ia juga dipinjamkan pada beberapa peluang serta tidak berhasil rasakan profesi yang bersaing, walaupun main lebih dari 100 kali di Portugal.

Baca Juga : Perkuat Lini Tengah, Madrid Bimbang Pilih Pogba atau Eriksen
4.
Klub terakhir kalinya jadi pemain, Estrela de Amadora, jadi team pertama yang dia latih – dimana dia kerja untuk team muda sepanjang dua tahun. Setelah itu profesi kepelatihannya di arena senior diawali di divisi bawah Portugal: club divisi tiga, Desportivo Aves. Ia bawa team tembus perempat final Piala Portugal sepanjang dua musim beruntun serta bawa team ini promo ke divisi dua.
5.
Tahun 2012, Fonseca melatih team divisi penting Liga Portugal, Pacos de Ferreira. Ia sukses bawa team finish ke-3, sekaligus juga membuat team maju ke Liga Champions. Popularitasnya mulai diketahui.
6.
Sempat jadi pelatih Porto serta cuma persembahkan gelar Piala Super Portugal tahun 2013, dia kembali jadi pelatih Pacos plus melakukan perbaikan profesinya. Pada akhirnya dia didapuk jadi pelatih Braga. Fonseca mengantarkan Braga juara Piala Portugal 2016 sesudah di final menaklukkan Porto melalui drama beradu penalti.
7.
Fakta Fonseca melatih team yang sempat menaklukkan team yang asuhannya di dalam bermain di pertandingan Eropa (Shakhtar ditaklukkan Roma pada Liga Champions 2017-18), nyatanya bukan pertama kali. Waktu gabung Shakhtar tahun 2016 dari Braga, Braga barusan ditaklukkan Shakhtar di Liga Europa.
8.
Di Shakhtar, Fonseca habiskan tiga musim – menentramkan Liga Ukraina serta Piala Ukraina, semasing 3x.
9.
Untuk publik sepak bola, figur Fonseca begitu diketahui – terutamanya sebab dia sempat memakai topeng Zorro. Ia memakai baju komplet Zorro pada session pertemuan wartawan selesai Shakhtar menaklukkan Manchester City di Liga Champions. Saat itu, Fonseca memang janji kenakan pakaian Zorro bila mengandaskan club raksasa Inggris itu. “Ini adalah baju favorite saya semenjak kecil,” Fonseca memberi keterangan.
10.
Di luar sepak bola, Fonseca begitu tertarik dengan musik serta berkuda. Ia demikian aktif di sosial media: Twitter