Manchester City Lolos Sanksi, Gary Neville Ingin Tampar UEFA

Manchester City Lolos Sanksi, Gary Neville Ingin Tampar UEFA

Manchester – Manchester City memenangkan banding, berhasil lolos dari sangsi, serta pada akhirnya dapat ke Liga Champions musim depan. Gary Neville rasa-rasanya marah sekali.

Manchester City pada akhirnya menang banding dengan Court of Arbitration for Sport (Cas) alias Pengadilan Arbitrase Olahraga. Awalnya, The Citizens pernah dijatuhkan sangsi oleh UEFA di bulan Februari tempo hari yaitu larangan tampil semasa 2 tahun di pertandingan antarklub Eropa.

Hal tersebut dikarenakan pelanggaran neraca keuangan yang dicatat Financial Fair Play (FFP) seperti tubuh keuangan UEFA yang mengawasi neraca setiap club di Eropa. Mereka merekayasa dana sponsor yang disebut penghasilan club pada tenggang musim 2012 sampai 2016.

Bekas pemain Manchester United yang sekarang jadi pundit sepakbola, Gary Neville sampaikan gagasannya tentang itu. Ia terlihat demikian marah sebab UEFA seakan tidak dapat berlaku tegas.

Baca Juga : Tiga ‘Final’ Perebutan Tiga Besar Liga Inggris

“UEFA serta tubuh FFP-nya tidak dapat mengaplikasikan ketentuan mereka secara benar. Kami sudah mengetahui hal tersebut sepanjang tahun,” kata Neville. “Ini ibarat penyelewengan, satu pengadilan yang tidak serius,” sambungnya.

Gary Neville memberikan tambahan, UEFA serta tubuh keuangannya harusnya menegakkan keadilan. Masalah penghasilan club, semua telah ketentuannya serta cukup jelas.

“Saya ketahui setiap club mempunyai permasalahan di seputar pemilik saham, pemilikan negara serta model-model lain tapi faktanya ialah kita tidak mengulas hal tersebut di sini. Kita bicara mengenai keuangan club yang adil serta beberapa orang yang bisa berinvestasi di sepakbola,” tuturnya.

“Tetap ada orang yang tajir berinvestasi ke club sepak bola serta itu tidak beralih sampai ini hari, dan tetap ada ‘permainan’. Saya pikirkan UEFA serta FFP perlu tamparan,” tutup Gary Neville.